Friday 12 October 2018

Cara Membuat Recent Post Fast Loading Sederhana Untuk Blog

Widget Recent Post merupakan komponen penting untuk sebuah blog, apalagi untuk blog yangakan didaftarkan Adsense, widget recent post ini hukumnya Wajib ada. Fungsi utama dari widget recent post adalah untuk menunjukkan postingan atau artikel terbaru kepada pengunjung blog sehingga diharpakan pengunjung akan mengetahui dan tertarik untuk membaca artikel terbaru dari blog kita.

Widget recent post pada umumnya tidak disimpan dihalaman utama atau halaman Home sebuah blog karena biasanya dihalaman utama blog sudah menampilkan posting posting terbaru lengkap dengan gambar dan deskripsi artikel secara singkat.

Ada beberapa macam versi recent post diantaranya ada yang menampilkan gambar + judul + deskripsi posting ada juga recent post yanghanya menampilkan gambar dan judul posting saja ada juga yanghanya menampilkan judul postingannya saja tanpa gambar dan deskripsi postingan. Semua ini memiliki kekurangan dan kelebihannya masing masing.

Yangakan saya bahas dalam postingan kali ini adalah cara membuat recent post yang hanya menampilkan judul postingan saja. Caranya pun sangat sederhana yaitu sebagai berikut:
    1. Buka Blog >> Tata Letak >> + Tambahkan Gadget
    2. Masukkan kode dibawah ini kedalam Gadget tersebut
    
    <style scoped='' type="text/css">
    ul#recent-posts{list-style:none;margin:0;padding:0}li.recent-posts{display:block;clear:both;overflow:hidden;list-style:none;border-bottom:1px solid #e3e3e3;word-break:break-word;padding:10px 0;margin:0;}
    li.recent-posts:last-child{border-bottom:0;}
    li.recent-posts a{color:#444;}li.recent-posts a:hover{color:#444;text-decoration:underline}
    </style>
    <ul id="recent-posts"></ul>
    <script>
    //<![CDATA[
    var homePage = "https://unbloging.blogspot.com",
    numPosts = 5;
    function recentPosts(a){if(document.getElementById("recent-posts")){var e=a.feed.entry,title,link,content="",ct=document.getElementById("recent-posts");for(var i=0;i<numPosts;i++){for(var j=0;j<numPosts;j++){if(e[i].link[j].rel=="alternate"){link=e[i].link[j].href;break}}var title=e[i].title.$t;content+='<li class="recent-posts"><a href="'+link+'" title="'+title+'" target="_blank" rel="nofollow">'+title+'</a></li>'}ct.innerHTML=content}}var rcp=document.createElement('script');rcp.src=homePage+'/feeds/posts/summary?alt=json-in-script&orderby=published&max-results='+numPosts+'&callback=recentPosts';document.getElementsByTagName('head')[0].appendChild(rcp);
    //]]>
    </script>
    
    source code: arlinadzgn.com
    3. Ganti https://unbloging.blogspot.com dengan alamat blog Agan
    4. Simpan Gadget dan cek hasilnya
Kelebihan dari recent post diatas adalah karena dia hanya menampilkan judul postingan saja maka gadget recent post diatas akan lebih cepat loading (fast loading) saya menerapakan recent post diatas di beberapa blog saya yanglain dan hasilnya performa/kinerja blog saya sangat memuaskan.

Kemudian agar gadget recent post tidak tampil dihalaman utama maka perlu ditambahkan tag conditional sebagai berikut:
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
KODE GADGET RECENT POST
</b:if>

Dengan begitu gadget recent post tidak akan muncul dihalaman homepage tetapi dia akan muncul dihalaman selain homepage.

demikianlah penjelasan cara membuat recent post sederhana, semoga ada manfaatnya khususnya buat saya dan pengujung pada umumnya. Terimakasih
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi link aktiv tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar