Wednesday 17 October 2018

Cara Verifikasi Blog ke Google Search Console Versi Baru 2018

Halo Agan Agan sobat Blogger semua. Kali ini saya akan sharing materi blog ringan yaitu tentang Cara melakukan verifikasi situs blog atau website ke Google webmaster tool atau google search console versi terbaru.

Kita tahu bahwa setelah menambahkan property berupa situs atau blog baru di google search console, Google tidak begitu saja mengijinkan kita mengakses fitur-fitur hebat di dalam Google search console tersebut akan tetapi Google akan meminta kita untuk melakukan verifikasi.

Tujuan dilakukan verifikasi adalah untuk membuktikan bahwa kita adalah benar benar pemilik situs atau property yang ditambahkan kedalam google search console tersebut. Jadi Google nggak sembarangan yah Gan, ini benar benar memberikan penggunanya keamanan dan kenyamanan.

Cara melakukan Verifikasi di Google Search Console versi sebelumnya adalah

    1. https://www.google.com/webmasters/tools/home
    2. Klik tombol merah bertuliskan ADD A PROPERTY disebelah kanan atas
    3. Masukkan situs web atau situs blog di kotak yang sudah disediakan
    4. Klik Add Property
Jika situs yang ditambahkan adalah blog yang berasal dari satu akun google yang sama maka halaman berikutnya akan dialihkan ke halaman dashboard dan sudah ter-verifikasi secara otomatis tetapi jika ingin mem-verifikasi ulang dengan metode yang berbeda silahkan klik dropdown menu roda gigi dipojok kanan atas lalu pilih Verification Details >> Verify using a different method.

Cara paling umum untuk melakukan verifikasi situs baru biasanya adalah dengan menggunakan HTML Tag yaitu menyalin kode meta tag HTML yang sudah tersedia kedalam tema edit HTML blog kemudian klik Verify jika kode meta tag HTML tersebut sudah tersalin dan Verifikasi selesai.

Akan tetapi jika sutus blog yang kita tambahkan bukan dari akun google yang sama maka setelah Klik Add Property (langkah nomor 4 diatas) maka halaman selanjutnya adalah halaman verifikasi seperti pada gambar dibawah ini:

Salin kode meta tag HTML dari google search kemudian paste didalam edit HTML blog kalian dan klik Verify dan Selesai. Itulah cara melakukan verifikasi situs blog dengan menggunakan google webmaster tool versi lama.

Cara melakukan Verifikasi di Google Search Console versi baru
a. Klik menu dropdown dibagian atas sebelah kiri lalu
b. Pilih add property
c. Kemudian akan muncul kotak "tambahkan property"
d. Masukkan situs blog yang dimaksud dan Klik OK.

Jika situs yangditambahkan dari akun google yangsama maka blog tersebut akan ter verifikasi secara otomatis dan jika ingin menambahkan verifikasi dengan cara berbeda maka langkahnya adalah:
1. Klik Setting / Setelan
2. Klik Verifikasi kepemilikan
3. Salin meta tag dan simpan kedalam tema >> edit HTML blog
4. Klik Verify

Jika situs blog yangditambahkan dari akun google yang berbeda maka setelah langkah (d) diatas lalu akan muncul form verifikasi kepemilikan seperti gambar dibawah ini:

Dalam contoh ini saya menggunakan verifikasi yang umum digunakan yaitu motode Tag HTML, salin meta tag tersebut dan simpan didalam kode HTML blog lalu setelah itu klik verify. Setelah verifikasi selesai dilakukan barulah kita bisa masuk ke menu-menu penting google search console seperti menambahkan sitemap dan lain lain.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi link aktiv tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar