Wednesday 29 August 2018

Memasang komentar Disqus di Blog AMP Ternyata Mudah Begini Caranya

Keberadaan kolom komentar bagi sebuah situs atau blog sangatlah penting karena dengan kolom komentar pengunjung situs dapat memberikan tanggapan atau pertanyaan terkait pembahasan di situs tersebut. Intinya pengunjung situs/blog dapat berinteraksi dengan penulis dan dengan penunjung lainnya melalui kolom komentar tersebut.

Pada dasarnya Blogger juga sudah memberikan fasilitas kolom komentar bawaan, namun banyak pemilik blog mengganti kolom komentar bawaan dengan yang lain seperti yangpaling poluler untuk saat ini adalah Disqus, dengan alasan dan tujuan berbeda beda.

Ada yang mengatakan kolom komentar disqus ini mampu meningkatkan nilai SEO blog, sampai saat ini saya masih belum tahu pasti dan belum melakukan riset tentang kebenarannya tetapi yangjelas bagi saya sendiri memasang kolom komentar disqus diblog ini tujuannya supaya selaras dengan template blog ini.

Untuk memasang Kolom komentar disqus di blog AMP ternyata cukup mudah, Nah buat Agan yang mungkin tertarik memasang kolom komentar disqus di blog Agan AMP silahkan ikuti caranya dibawah ini:

  • Pertama masuklah dulu ke Blog >> template >> edit HTML
  • Pastikan sudah ada kode: <script async='async' custom-element='amp-iframe' src='https://cdn.ampproject.org/v0/amp-iframe-0.1.js'/> didalam HTML, jika belum tambahkanlah kode tersebut diatas kode &lt;/head&gt;&lt;!--<head/>--&gt;
  • Kemudian cari kode <b:includable id='comments' var='post'/>
  • Tambahkan kode dibawah ini tepat dibawah tepat dibawah kode <b:includable id='comments' var='post'/>

  • Kode:
    <b:includable id='disqus-comments' var='post'>
    <div class='disqus-comments' id='disqus_comments'>
    <amp-iframe expr:src='&quot;https://cdn.rawgit.com/unbloging/AMPdisqus/5a559c7d/disqus.html?shortname=https-wadalblog-blogspot-com&amp;url=&quot; + data:blog.canonicalUrl' frameborder='0' height='300' layout='responsive' resizable='resizable' sandbox='allow-scripts allow-same-origin allow-modals allow-popups allow-forms' width='600'>
    <div aria-label='Disqus Comments' overflow='' role='button' tabindex='0'>Disqus Comments</div>
    </amp-iframe>
    </div>
    </b:includable>
    

  • Ganti shortname https-wadalblog-blogspot-com dengan shortname disqus milik Agan sendiri
  • Terakhir jangan lupa save simpan tema dan coba lihat hasilnya

Begitulah cara memasang komentar disqus di blog AMP. Mudah sekali kan? Terimakasih dan Selamat Mencoba.


Sumber kode: Kompiajaib.com
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi link aktiv tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar