Sunday 26 January 2020

Mengatasi Masalah Ads.txt Terbaru 2020


Masalah ads.txt dalam bloger dan adsense sebetulnya bukan masalah baru, banyak juga blog yang sudah membahas masalah ads.txt ini sebelumnya. Dulu masalah ini cukup diselesaikan dengan cara mengaktifkan ads.txt custom dan menempelkan kode seperti berikut ini "google.com, pub-12345678910123456, DIRECT, f08c47fec0942fa0" di dalam setelan preferensi penelusuran lalu masalahpun selesai.

Akan tetapi seiring perkembangan google adsense, meskipun sudah melakukan cara seperti tadi saya sebutkan diatas masih saja ada peringatan "Penghasilan Anda berisiko - Anda perlu memperbaiki beberapa masalah file ads.txt untuk menghindari dampak yang serius pada pendapatan Anda."

Tadinya saya pikir notifikasi ads.txt tersebut adalah hal yang biasa dan bukan merupakan sebuah masalah, tetapi karena sudah lama nempel di dashbord dan setiap kali buka adsense saya melihat notifikasi itu, jadi lama-lama saya risih juga dengan masalah ads.txt itu dan akhirnya saya memutuskan untuk mencari tau dan mengikuti panduan atau petunjuk dari google dan inilah solusinya saya share kepada kalian semua.

Solusi Mengatasi Masalah Ads.txt Terbaru

Ternyata solusi untuk mengatasi masalah ads.txt ini cukup mudah yaitu memastikan file ads.txt dapat di crawl atau dirayapi / ditelusuri oleh mesin telusur google. Caranya hanya menambahkan kode dibawah ini kedalam robot .txt khusus yang ada di setelan preferensi penelusuran blog.

User-agent: *
Allow: /ads.txt
Disallow: /ads


Teknisnya sebagai berikut:
Buka blogger >> setelan >> preferensi penelusuran >> robot .txt khusus? >> edit >> Kemudian tempelkan kode diatas didalam box robot .txt khusus seperti pada contoh gambar dibawah ini.
sdf

Setelah itu save dan tunggu beberapa hari maka notifikasi ads.txt yang muncul akan hilang. Setidaknya itulah cara memecahkan masalah ads.txt berdasarkan pengalaman pribadi saya. Adapun petunjuk resmi atau panduan resmi dari google untuk memechakan masalah ads.txt, anda bisa lihat di sini: Panduan ads.txt

Itulah cara terbaru untuk mengatasi masalah ads.txt yang muncul di notofikasi dashboard adsense. Semoga membantu
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi link aktiv tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar