Thursday 26 July 2018

Membuat Sistem Navigasi Blog Agar Diterima Adsense

Kriteria Blog yang baik salah satunya adalah blog yang memiliki navigasi yang jelas, sehingga para pengunjung dapat dengan mudah menemukan apa yang mereka inginkan didalam blog tersebut atau istilahnya user friendly, navigasi yang jelas juga merupakan faktor penting yang perlu diperhatikan apabila blog tersebut ingin mengikuti program Adsense.

Google sangat merekomendasikan agar blog memiliki sistem navigasi yang jelas, hal ini saya tau dari email penolakan Google Adsense kepada saya beberapa waktu lalu sebelum akhirnya diterima sebagai publisher Adsense, dalam email tersebut ada poin yang mengatakan: "Sediakan sistem navigasi yang jelas untuk para pengunjung agar mudah menemukan semua bagian dan laman dalam situs web anda"


Navigasi secara umum berarti menunjukan posisi dan petunjuk arah untuk menuju ke suatu tempat, dan alat yang dipakai pada umumnya adalah kompas atau GPS. Sedangkan dalam dunia web atau blog, navigasi berarti sebuah menu yang didalamnya terdapat link untuk menuju kesuatu halaman yang terdapat didalam blog itu sendiri atau (internal link) atau kehalaman lain di luar blog (eksternal link).

Jadi maksud dari poin diatas "Sediakan sistem navigasi dst" adalah kita harus menyediakan menu untuk mempermudah pengunjung menelusuri isi web atau blog milik kita.

Pada umumnya menu dalam sebuah blog ditempatkan dibagian atas atau dibawah dan juga dibagian samping kiri atau kanan (widget). Menu yang ditempatkan dibagian atas biasanya menuju kesuatu halaman sedangkan widget digunakan untuk mengakses sebuah posting. Menu pada setiap blog berbeda satu sama lain, tergantung tema blog, tetapi menu yang wajib ada dalam sebuah blog adalah:

1. HOME / INDEX
Berfungsi untuk mengembalikan blok ke halaman utama

2. SITEMAP / DAFTAR ISI
Dengan menu ini pengunjung bisa mengetahui daftar artikel secara keseluruhan yang terdapat pada sebuah blog, bukan hanya penting untuk pengunjung bahkan daftar isi juga penting agar mesin telusur mudah menemukan artikel dalam blog tersebut.

3. ABOUT
Penting untuk pengunjung agar mengetahui profil blog, profil pemilik blog, motivasi pembuatan blog dan lainnya tentang blog tersebut.

4. CONTACT
Penting untuk pengunjung dan pemilik blog agar dapat berkomunikasi dan menjalin hubungan bisnis, seperti memasang iklan dsb.

5. PRIVACY POLICY
Secara singkat berfungsi untuk menyatakan kepada pengunjug tentang bagaimana pemilik blog mengelola informasi yang didapat dari pengunjung.

6. DISCLAIMER
Adalah pernyataan pemilik blog bahwa blog tersebut tibak bisa diganggu gugat dan pernyataan penolakan terhadap pertanggungjawaban atas opini yang disampaikan pengunjung. bahasa gampangnya jika kamu berkomentar dipostingan ini maka komentar tersebut adalah tanggungjawab kamu bukan tanggungjawab blog ini.

Sedangkan menu disamping atau widget yang wajib ada disebuah blog adalah sebagai berikut:
1. WIDGET ARSIP BLOG
Termasuk jenis menu navigasi yang mengelompokkan artikel berdasarkan waktu memposting (tanggal, bulan, tahun) tujuannya agar pengunjung lebih mudah mencari artikel berdasarkan waktu mempostingnya.

2. WIDGET POPULAR POST
Widget yang menampilkan daftar artikel paling poluper dalam blog. Ketika pengunjung masuk kedalam blog kita melalui mesin telusur maka widget popular post akan memberi informasi artikel mana saja yang sering dibaca pengunjung lain.

3. WIDGET RELATED POST / ARTIKEL TERKAIT
Widget ini akan menawarkan kepada pengunjung untuk membaca artikel yang ada hubungannya dengan artikel yang sedang ditampilkan.

4. WIDGET RECENT POST / ARTIKEL TERBARU
Adalah widget yang menampilkan postingan terbaru, widget ini biasanya ditempatkan menggunakan tag kondisional sehingga tidak tampil di halaman utama atau home.

5. WIDGET LABEL / KATEGORI
Widget ini berfungsi untuk mengelompokkan artikel berdasarkan label atau kategori tertentu widget ini juga akan memudahakan pengunjung melihat artikel berdasarkan kategori yang dia cari.

Pengalaman saya pribadi setelah memasang menu dan widget tersebut di blog akhirnya Adsense mau menerima saya sebagai publisher. dan saya berkesimpulan bahwa yang dimaksud dengan "menyediakan sistem navigasi yang jelas" adalah dengan membuat menu menu seperti diatas.
Itu saya yang bisa saya sharing dalam postingan kali ini semoga bermanfaat buat semuanya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi link aktiv tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar